Menurut
kamus bahasa inggris, Search engine atau di-indonesia-kan menjadi mesin pencari
adalah sebuah system software yang di desain untuk mencari berbagai informasi
yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File transfer Protocol
(FTP), Mailing List atau News Group yang berada didalam sebuah atau sejumlah
Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil pencarian akan menampilkan
serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog dan forum tertentu,
hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs). Selain
halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau
tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan
bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl.
Search Engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh
lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita
ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.
Sejarah
singkat Search Engine seiring dengan perkembangan dunia maya, search engine pun
memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Search Engine atau
situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Namun ada
beberapa kelompok membuat serach engine sendiri untuk negaranya. Search engine
google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai
search engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu
saja. Pada tahun 2000 Search Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat
puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai
peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search
Engine yang utama sampai sekarang ini. Search Engine yang sering digunakan beberapa
diantaranya adalah google, yahoo, altheweb, MSN, dll. Berikut penjelasan serta
kelebihan dan kekurangannya.
1.Google (www.google.com)
Selain pencarian web,
Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian
pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya
terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan
Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank,
database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Kelebihan:
1) Kecepatan dan kemudahan
dalam mencari.
2) lebih canggih dengan fitur
yang dimilikinya.
3) Tampilan yang sederhana.
4) Google merupakan
satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si
pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan
ditampilkan.
5) Dapat mencari segala
informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan:
Dengan kelebihan yang
dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk
menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah
yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada
halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo! (www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar
di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman
utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan
search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi
di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo!
adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta,
yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian
gambar. berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas :
Kelebihan:
1) carta surat menyurat
modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2) salah satu web yang
menyediakan layanan fasilitas gratis
3) salah satunyapun yang anda
bilang, bila di refresh cepat
4) banyak fasilitas yang
disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain-lain
5) sudah ada di banyak Negara.
Kekurangan:
1) Satu id yahoo hanya untuk
yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2) Teralu mudah untuk membuat
id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3) Fitur Y!M msh sangat kalah
jauh dengan IM keluaran windows
4) Skin untuk Y!M msh
sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak.
3. Alltheweb (www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb
adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi
internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya
program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh
ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
Kelebihan:
1) Kemudahan dalam mencari.
2) Tampilan yang sederhana
seperti Google.
3) Alltheweb langsung
menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4) Menu bantuan terlihat
jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga
sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Kekurangan:
1) Pencarian yang lama
dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2) Halaman pencarian hanya
dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3) Pada link-link yang tidak
berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang
aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
4. MSN (http://search.msn.com)
Mesin pencari dari
Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari
direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan
mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari
ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news.
Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan,
rumah.
Kelebihan: mampu mencari
video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
Kekurangan:
1) pencarian. Dibutuhkan
waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2) Pengguna juga sulit
membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan
iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
Manfaat Search Engine
Setelah memahami pengertian search engine, kita
perlu mengetahui apa sih manfaat search engine? Seluruh pengguna internet pasti
pernah menggunakansearch engine. Barangkali semua akan setuju bahwa hasil
teknologi canggih yang satu ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal melakukan
pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Kita hanya perlu mengetikan
kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang disediakan, dan mesin pencari
akan bekerja dan menyajikan sumber yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dan
itu hanya membutuhkan waktu sekian detik. Tidak bisa dibayangkan jika teknologi
ini tidak ada. Bagaimana caranya kita menemukan informasi yang relevan diantara
jutaan sumber yang tersedia? Search engine ini berfungsi layaknya index buku
yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau
istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.
Mesin pencari
web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil
langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap
pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk
menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul,
atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web
disimpan dalam sebuah database
indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari,
seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun
informasi tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, Mesin pencari
juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang
merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan
informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan
perkembanganteknologi
informasi.
Ketika seseorang
mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya
dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari
indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya,
biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang
sebagian teksnya.
Ada jenis mesin
pencari lain: mesin pencari real-time,
seperti Orase. Mesin seperti
ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya
dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis
indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal:
informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit
sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000
komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih
lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada
jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman
mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan
mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil
"terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang
paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi.
Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan
internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar
mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik
kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi
peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Sumber:
No comments:
Post a Comment